Senin, 06 April 2009

Caleg Golkar Pengagum Bung Hatta yang Suka Bergoyang di Panggung Kampanye

Drs. Zulkarnaen Djabar, MA.
Caleg Partai Golkar DPR RI no.1 dapil Kota Bekasi & Depok

Bekasi dobeldobel.com
Banyak pemberitaan yang simpang siur bila kita menyebut nama Zulkarnaen Djabar, caleg Partai Golkar untuk DPR RI dapil Jabar VI ini, apalagi yang berkaitan dengan masalah penyelenggaraan haji. Padahal menurut keinginannya agar penyelenggaraan haji tidak terburu-buru di swastanisasikan, mengingat penyelenggaraan haji masih mengedepankan urusan bisnis, ketimbang pelayanan terhadap calon jamaah haji.

Demikian pernyataan yang disampaikan oleh anggota Tim Pengawas Penyelenggaraan Haji DPR RI, Zulkarnaen Djabar melalui sambungan telepon, Jum'at (17/02) kepada wartawan media indopolitik.com, Novel/Travel

"Penyelenggaraan haji tidak bisa seluruhnya dikelola swasta, itu bisa jadi bisnis. Nanti malah merugikan calon jamaah haji, " katanya

Menurutnya, banyaknya kasus calon haji batal berangkat disebabkan biro perjalanannya banyak permasalahan, sehingga calon jamaah tidak dapat berangkat sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Ia menegaskan, selain gagalnya keberangkatan calon jamaah haji, saat ini banyak biro perjalanan haji yang menjual kuota seenaknya, belum lagi sistem percaloan untuk menentukan pemondokan haji di Arab Saudi. Hal ini merupakan bukti nyata ketidakmampuan pihak swasta dalam mengelola penyelenggaraan ibadah haji.

"Kalau pun ingin melibatkan peran swasta, pihak swasta harus dapat melakukan konsolidasi. Serta melakukan filterisasi terhadap pihak swasta yang dipilih sebagai petugas penyelenggara haji, " tegasnya.

Antusias dalam kampanye terbuka Partai Golkar di GOR Kota Bekasi

Sang caleg yang bernomor urut 1 ini sangat menikmati masa-masa kampanye, padahal di usianya yang 56 tahun itu ia harus menggiatkan kampanye dan sosialisasi ke masyarakat secara langsung. Seperti saat ditemui di sela-sela kampanye terbuka partai Golkar putaran terakhir di GOR Kota Bekasi ia sempat ikut bergoyang dengan massa pendukung Golkar di atas panggung sambil sesekali mengangkat kedua tangannya. Ia pun sempat berorasi membakar semangat para pendukung kampanye.

Energi yang tiada habis dari diri sang calon legislator dapil Kota Bekasi dan Kota Depok, memang tak ada kaitannya dengan lagu-lagu yang dinyanyikan artis-artis ibukota yang menghibur panggung kampanye saat itu.

Seperti yang diketahui banyak orang, kampanye Golkar putaran akhir di GOR Kota Bekasi itu akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum Golkar, Jusuf Kalla. Wajar saja bila Zulkarnaen Djabar seperti mendapat tenaga super dalam penantian sang tokoh.

Oleh karena itu ia menyempatkan diri naik ke atas panggung dan ikut membakar semangat para pendukungnya yang tak kuran ratusan dan meneriakkan yel-yel serta mengibarkan bendera Golkar dan banner raksasa bertuliskan namanya. Bang Haji Zulkarnaen tidak kurang mengerahkan ratusan pendukungnya menghadiri perhelatan besar itu. Sambil ikut berjoged ia terus meminta pendukungnya tetap tertib dan bersemangat walau di terik matahari, yang akhirnya mereka diguyur siraman air dari mobil satuan unit dinas pemadam kebakaran Kota Bekasi.

dobeldobel dot com sempat berpose foto bersama dengan Bang Zulkarnaen yang selalu tampil dengan senyum khasnya itu. Walau terik panas meliputi acara akbar itu, dan wajah lelah nyata terlihat di mukanya tapi ia tetap bersemangat dan menerima ajakan foto bersama sesaat sebelum datangnya JK. Sambil membisikkan untuk menulis apa saja yang dilakukan dalam kampanye ini, Zulkarnaen Djabar meminta kami untuk datang secara khusus mewawancarainya nanti setelah peliputan acara perhelatan kampanye itu.

Sang caleg Golkar pengagum Bung Hatta ini tak pernah surut semangatnya dalam dunia politik. Seperti yang terungkap dari kisahnya kepada seorang wartawan SuaraKarya online, Kartoyo DS.

Kata merdeka pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-63 lalu (15 Agustus 2008), tiba-tiba menjadi sensitif. Karena, di era reformasi ini masih banyak orang yang mengaku "belum merdeka". Wakil Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPR yang juga calon anggota legislatif (caleg) andalan "parpol beringin" untuk daerah pemilihan Jawa Barat (Jabar) VI (Bekasi dan Depok), Drs H Zulkarnaen Djabar MA, tidak menampik pengakuan "belum merdeka" itu. Sebab, tutur dia, secara yuridis formal, bangsa ini memang sudah lepas dari penjajahan Jepang dan Belanda. Tapi, secara kultural, masih harus memperjuangkan kembali kemerdekaan.

"Merdeka artinya lepas dari belenggu dan ketergantungan. Tapi, kini tidak sedikit anak bangsa ini yang masih terbelenggu kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan. Inilah yang saya sebut harus kita perjuangkan kembali," kata ayah dua anak--Dendi Prasetia Zulkarnaen Putra dan Indah Nugharahany Zulkarnaen Putri--dari pernikahannya dengan Hj Elzarita ini.

Menurut Wakil Ketua Umum DPP Ormas MKGR ini, konsep kemerdekaan yang benar adalah yang dibangun proklamator Bung Hatta. Wakil Presiden RI pertama itu, ujar mantan ketua KNPI DKI Jakarta ini, memiliki konsep perjuangan ekonomi yang sangat mulia, yakni ingin menjadikan Indonesia sebagai negeri yang adil dalam kemakmuran serta makmur dalam keadilan.

"Karena itu, saya merespons positif, ketika Ketua Umum DPP Partai Golkar Jusuf Kalla berziarah ke makam Bung Hatta terlebih dulu sebelum ia menyosialisasikan nomor urut 23 bagi Partai Golkar," kata Koordinator Pokja OKK DPP Partai Golkar, kelahiran 19 September 1953 ini.

Mantan Penatar Nasional BP7 Pusat ini mengagumi Bung Hatta karena sang proklamator memiliki visi dan misi yang jelas dalam memperperjuangkan bangsa Indonesia. Ia selalu memperjuangkan ekonomi yang berkeadilan, yang tidak hanya tumbuh tapi juga merata.
==================================================================
Sekilas Profil
Drs. H. Zulkarnaen Djabar, MA. Padang, 19 September 1953. Politisi yang kini duduk sebagai Anggota Komisi bidang Agama, Sosial dan Pemberdayaan Perempuan DPR RI periode 2004-2009 ini adalah mantan Anggota MPR/DPR RI 1997-1999 (PAW).

Sebagai Anggota Legislatif yang juga bertugas di Badan Urusan Rumah Tangga DPR dia akan berusaha menjadi Anggota legislatif yang tanggap terhadap kepentingan rakyat dan melayani kepentingan masyarakat agar terpelihara sistem demokrasi Pancasila yang adil dan makmur.

-------------------------------------------------------------
Biodata

Nama Lengkap: Drs. H. Zulkarnaen Djabar, MA.
Panggilan:Zulkarnaen
Kelamin: Laki-laki
Tmp/Tgl Lahir:Padang, 19 September 1953
Agama: Islam
Alamat Lengkap: Gd. Nusantara I Jl. Gatot Subroto Gd. DPR/MPR RI
Jl.Merak No.17 Rt.004/012 Kel Jatiwaringin Pondok Gede
Bekasi Jawa Barat Indonesia
Telpon: 5755403
Istri: Elzarita
Anak: 2 (dua) Orang
Masa Akhir Jabatan: Juni 2009

Riwayat Pendidikan
* SD 1965
* SMP 1968
* SMA 1971
* S1 IAIN Jakarta 1978
* S2 Bid. Ekonomi Islam 2001

Riwayat Jabatan
* Penatar Nasional BP 7 Pusat 1982-1999
* Anggota MPR/DPR RI 1997-1999 PAW

Pengalaman Organisasi
* Ketua KNPI DKI Jakarta 1982-1985
* Sekretaris DPD Golkar Tk 1 DKI Jakarta 1984-1988
* Pokja OKK DPP Golkar 1988-1998
* Pokja OKK DPP Golkar 1998-2002
* Sekjen DPP Ormas MKGR 1999-2004
* Ketua DPP MIDI 2002-n/a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar